Jumat, 29 November 2013

Buah Mengkudu Untuk Hipertensi

Manfaat Buah mengkudu untuk hipertensi

hipertensi
Buah mengkudu untuk hipertensi - Mengkudu dikenal di masyarakat kita sebagai obat untuk mengatasi hipertensi atau darah tinggi. Orang-orang di sekitar kita akan menyarankan mengkonsumsi buah mengkudu tatkala ada orang yang mempunyai masalah dengan tekanan darahnya. Kebanyakan orang hanya tau tentang manfaat mengkudu yang satu ini. Padahal, di sana terdapat berbagai manfaat mengkudu yang lainnya. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi buah mengkudu juga sangat berkhasiat untuk kecantikan, kebugaran, rambut dan lainnya.

Manfaat Buah mengkudu untuk hipertensi
Hipertensi adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh hampir semua orang di dunia ini. Pasalnya, penyakit tekanan darah ini selain menjadikan penderitanya mempunyai sifat tempramen, tapi penyakit ini menambah resiko rusaknya jantung, gagal ginjal, kerusakan fungsi hati, stroke dan banyak lagi. Jadi, penyakit hipertensi adalah sebuah penyakit yang kompleks, penyakit ini mempunyai hubungan dengan masalah kesehatan lainnya. Jadi, jika hipertensi tidak segera diatasi, maka ini bisa menjadi ancaman kesehatan yang sangat serius untuk siapapun.

Manfaat Buah mengkudu untuk hipertensi
Dalam dunia kesehatan, scopoletin dikenal mampu mengendalikan menjadi normal. Uniknya, senyawa ini mampu menurunkan tekanan darah, jika pengkonsumsi mengalami hipertensi. Tapi, senyawa ini juga bisa meningkatkan tekanan darah, jika pengkonsumsi mengalami hipotensi. Ketika tekanan darah tidak normal, kecemasan, stress dan depresi adalah yang biasanya terjadi. Dalam buah mengkudu terkandung anti bakteri, selain mampu berkhasiat membunuh bakteri, senyawa ini mampu mengontrol hormon serotonine, senyawa yang mampu mengurangi rasa cemas, stress dan depresi. Mengkudu juga mampu meningkatkan antibodi dan mengurangi terserang penyakit lainnya karena buah mengkudu mempunyai kandungan moridin. Zat ini dikenal sebagai antibodi alami dalam buah-buahan tertentu. Meskipun buah mengkudu berbau busuk saat sudah matang, tetapi buah mengkudu mempunyai kandungan nutrisi-nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi tersebut berkhasiat untuk kesehatan, kecantikan dan juga kebugaran. Kebanyakan orang menganggap meminum ekstrak dari buah-buahan berkhasiat seperti mengkudu, sama saja dengan mengkonsumsi buah aslinya. Padahal, pada kenyataannya itu sangat berbeda. Khasiat ekstrak sari buah mengkudu akan sangat berbeda dengan buah mengkudu yang kita konsumsi dengan proses sendiri. Contohnya, khasiat buah mengkudu untuk hipertensi dan hipotensi. Seperti yang dikatakan di atas, mengkudu mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, tapi juga mampu menambah tekanan darah bagi penderita hipotensi.

mengkudu

Di dalam buah mengkudu terkandung suatu zat yang mampu merangsang tubuh supaya menghasilkan suatu hormon yang disebut hormon xerodine. Hormon ini bekerja dengan sifat kontradiktif. Hormon inilah yang menjadikan scopoletin mampu menjadi adaptogen (penyeimbang). Fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan penelitian tentang kandungan mengkudu dan hasil yang didapat adalah kesimpulan bahwa sari buah mengkudu mampu menurunkan kontraksi otot jantung, sehingga jantung menjadi lebih tenang, hal ini menurunkan resiko terjadi jantung koroner. Selain itu, detak jantung juga mampu menjadi lebih teratur dan aliran darah lebih lancar. Scopoletin di dalam buah mengkudu juga mampu menjadi pembersih bagi endapan-endapan di dalam pembuluh darah yang biasanya menyebabkan arterosklerosis (peradangan dalam pembuluh darah).

Mengkonsumsi buah mengkudu secara berkesinambungan mampu memperbaiki daya tahan tubuh, mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi), mampu melancarkan perederan darah membuat otot jantung lebih rileks. Selain manfaat untuk kesehatan tersebut, buah mengkudu sangat baik untuk kebugaran, kecantikan dan menghambat penuaan. Buah mengkudu mempunyai khasiat yang begitu kompleks, selain bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas tubuh dari dalam, mengkudu juga bisa jadi masker dan lulur. Hal ini berfugsi untuk menghaluskan kulit.

Buah mengkudu mampu meregenarasi sel-sel yang ada dalam tubuh. Sel-sel mati dibuang dan digantikan oleh sel-sel baru yang sehat. Biasanya, jika sel-sel mati tidak dibuang maka akan menjadi sebab terjadinya banyak penyakit, salah satunya adalah penyumbatan pembuluh darah. Manfaat mengkudu yang begitu banyak ini menjadikan buah berbau busuk ini cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang berpenyakit apapun dari mulai anak-anak hingga orang tua. Mengkudu mempunyai khasiat mengobati/memperbaiki sistem tubuh dari mulai kepala hingga kaki ; gangguan tulang dan kepala, gangguan kulit (infeksi, bisulan, jerawat, kulit bersisik dan kering), gangguan pencernaan, gangguan kewanitaan (kista, myom, keputihan, gangguan menstruasi dsb), gangguan karena infeksi (TBC, asthma, radang mata, gusi bengkak dll), gangguan penyakit dalam (diabetes, hipertensi, hipotensi, ginjal dsb). Sebaiknya, buah mengkudu dikonsumsi secara teratur, salah satunya dalam manfaat mengkudu bagi hipertensi. Itulah penjelasan singkat saya mengenai apa yang dimaksud dengan manfaat buah mengkudu untuk hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar